Ningsih, Trioki (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X IPA SMA NEGERI 1 SUNGGAL TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4112141017 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
4112141017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4112141017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4112141017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
4112141017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4112141017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4112141017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4112141017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4112141017 BAB I.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
4112141017 BAB V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4112141017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning pada materi pokok Pencemaran Lingkungan kelas X IPA di SMA Negeri 1 Sunggal tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sunggal tahun pembelajaran 2014/2015 yaitu sebanyak 4 kelas dengan jumlah siswa seluruhnya sebanyak 156 orang siswa. Sampel diambil secara acak (random sampling) sebanyak dua kelas yaitu kelas X2 sebagai kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas X1 sebagai kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang masing-masing berjumlah 39 orang siswa, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 78 orang siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning adalah 82,05 dengan standar deviasi ±8,25; sedangkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning adalah 76,41 dengan standar deviasi ±8,15. Dari hasil uji-t pada taraf α = 0,05 dengan th sebesar 3,044; tt sebesar 1,995; dan dk 76 menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Discovery Learning dan Problem Based Learning pada materi pencemaran lingkungan kelas X IPA di SMA Negeri 1 Sunggal Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 020 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Discovery Learning; Problem Based Learning; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12395 |