Ridho, Dimas (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA EXE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA PADA MATERI HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113131014 COVER.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4113131014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4113131014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4113131014 ASBTRAK.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4113131014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4113131014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4113131014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4113131014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4113131014 BAB I.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4113131014 BAB V.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4113131014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model problem based learning menggunakan media exe learning pada materi hidrokarbon, mengetahui korelasi aktifitas kerjasama siswa yang diajarkan dengan model problem based learning menggunakan media exe learning dan seberapa besar kontribusinya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 8 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil secara purpossif sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen I yang mendapat pembelajaran model problem based learning menggunakan media exe learning dan satu kelas sebagai kelas eksperimen II yang mendapat pembelajaran model problem based learning tanpa media exe learning. Masing-masing kelas terdiri dari 40 siswa. Instrumen tes yang valid sebanyak 16 soal dengan reliabilitas 0,85. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest, posttest dan gain pada kelas eksperimen I dan eksperimen II berdistribusi normal dan homogen. sedangkan untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung > ttabel, yakni 4,285 > 1,668 pada peningkatan hasil belajar siswa dan 7,977 > 1, 688 pada kerjasama siswa, berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu peningkatan hasil belajar dan kerjasama siswa yang mendapat pembelajaran model problem based learning menggunakan media exe learning lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar dan kerjasama siswa yang mendapat pembelajaran model problem based learning tanpa media exe learning pada materi hidrokarbon di kelas X SMA Negeri 11 Medan yaitu 79,00% > 67,00% pada peningkatan hasil belajar siswa dan 62,50% > 48,62% pada kerjasama siswa . Untuk korelasi, menunjukkan korelasi, menunjukkan korelasi positif antara aktifitas kerjasama siswa dengan peningkatan hasil belajar siswa yaitu r hitung > r tabel (0,681 > 0,320) dengan koefisien determinasi 46,37%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 064 |
Keywords: | Exe Learning; Problem Based Learning; Kerjasama; Hidrokarbon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12391 |