Panjaitan, Merry Dame Christiani (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN MACROMEDIAFLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SMA NEGERI 10 MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113121040 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4113121040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4113121040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
4113121040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
4113121040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4113121040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4113121040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4113121040 DAFTAR LMAPIRAN.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4113121040 BAB I.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4113121040 BAB V.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
4113121040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inquiry Training berbantuan macromediaflash terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu kelas XI IPA-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dan lembar observasi yang untuk merekam aktivitas, afektif dan psikomotorik siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 38 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 37. Pada pengujian normalitas data kedua kelas disimpulkan berdistribusi normal, sedangkan pada uji homogenitas diperoleh bahwa kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Inquiry Training berbantuan macromediaflash adalah 73,57 dan dengan pembelajaran konvensional adalah 63. Terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Inquiry Training berbantuan macromediaflash yang termasuk pada kriteria sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji t) menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan akibat pengaruh model pembelajaran Inquiry Training berbantuan macromediaflash terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 10 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 083 |
Keywords: | model inquiry training; hasil belajar; aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12383 |