Khodijah, Rizki (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111121019 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4111121019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
4111121019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4111121019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4111121019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4111121019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4111121019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4111121019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4111121019 BAB I.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
4111121019 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4111121019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4111121019 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi Fluida Dinamis di kelas XI Semester II di SMAN 11 Medan T. P 2014/2015Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester genap SMAN 11 Medan yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-MIA 5 (sebagai kelas kontrol) dan kelas X- MIA 6 (sebagai kelas eksperimen) yang masing-masing berjumlah 32 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional yang diajarkan oleh guru fisika. Data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes essay,jumlah soal 10 item yang telah divalidkan oleh validator. Hasil uji pretes pada awal penelitian, diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 33,13 dengan standar deviasi 13,3 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 28,43 dengan standar deviasi 10,27. Pada pengujian normalitas masing-masing kelas diperoleh Lhitung = 0,1222 dan Ltabel = 0,157 untuk kelas eksperimen, Lhitung = 0,1275 dan Ltabel = 0,157 untuk kelas kontrol, sehingga Lhitung < Ltabel, maka data masing-masing kelas berdistribusi normal. Sedangkan pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,68 dan Ftabel = 1,83, sehinggan Fhitung < Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah, sedangkan kelas kontrol diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai, diberikan postes dan diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen 73,28 dengan standar deviasi 10,2, dan kelas kontrol 55,31 dengan standar deviasi 12,1. Hasil uji t diperoleh thitung = 6,395 dan ttabel = 1,669 pada taraf signifikan α = 0,05, sehingga thitung > ttabel (6,395 > 1,671), maka H0 ditolak dan terima Ha, dengan demikian ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis di kelas XI SMA Negeri 11 Medan T.P. 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 091 |
Keywords: | Hasil belajar; Pembelajaran Berbasis Masalah; Konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12375 |