Siagian, Chandra J. (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVIEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA N 1 BALIGE T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113121008 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4113121008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
4113121008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
4113121008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4113121008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4113121008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
4113121008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
4113121008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
4113121008 BAB I.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4113121008 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4113121008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranStudent Team Achieviement Division terhadap hasil belajar siswa pada materiListrik Dinamis di kelas X Semester II di SMAN 1 Balige Kabupaten TobaSamosir T.A. 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitianini adalah seluruh siswa kelas X Semester ganjil SMAN 1 Balige yang terdiri dariSembilan kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-B (sebagaikelas eksperimen) dan kelas X-C (sebagai kelas kontrol) yang masing-masingberjumlah 37 siswa dan 36 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster RandomSampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen denganmodel pembelajaran tipe Student Team Achieviement Division dan kelas kontroldengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian inidigunakan tes,jumlah soal 20 item yang telah divalidkan oleh validator.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimenadalah 43,51 dan kelas kontrol adalah 43,09, setelah pembelajaran selesaidiberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,67 dan kelas kontrol67,77. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 3,26 sedangkan ttabel = 1,66. Karena thitung >ttabel (3,26 >1,66) maka Ho ditolak. Melalui uji t tersebut diperoleh hasil signifikanterlihat bahwa model pembelajaran Student Team Achieviement Divisionmempunyai pengaruh yang baik dimana terjadi peningkatan hasil belajardibandingkan menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 072 |
Keywords: | Model STAD; Hasil Belajar; Aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 05:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12347 |