Manurung, Juliani (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA SWASTA SANTO THOMAS 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111141026 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4111141026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
4111141026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4111141026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
4111141026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4111141026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4111141026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4111141026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4111141026 BAB I.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
4111141026 BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
411141026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reflektif (reflektive learning) terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Pura tahun pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian post-test only design group. Penelitian ini mengujicobakan dua model pembelajaran kemudian mengetahui perbedaan penggunaannya atau meninjau pengaruhnya dari hasil belajar siswa.Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Pura yang terdiri dari 12 kelas dengan jumlah siswa 412 orang. Dari jumlah tersebut ditetapkan sampel sebanyak 70 orang siswa. Teknik pengambilan sampel adalah secara random sampling. Untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes esei menulis cerpen.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaran Reflektif (reflektive learning) pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Pura tahun pembelajaran 2014/2015 adalah baik dengan nilai rata-rata 75. Kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Pura tahun pembelajaran 2014/2015 adalah cukup dengan nilai rata-rata 67,86. Selanjutnya, hasil uji “tâ€� diperoleh nilai t_o = 3,40. Dan setelah dikonsultasikan dengan t_tabel pada taraf signifikansi âˆ� 0,05 = 2,00 dengan dk = (N+N) â€
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 044 |
Keywords: | Model Pembelajaran Reflektif; Kemampuan Menulis Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 05:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12346 |