PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP SWASTA CERDAS MURNI TEMBUNG T. A. 2014/2015

Jariyah, Ainun (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP SWASTA CERDAS MURNI TEMBUNG T. A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4113321002 COVER.pdf]
Preview
Text
4113321002 COVER.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 4113321002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4113321002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 4113321002 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4113321002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 4113321002 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4113321002 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 4113321002 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4113321002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 4113321002 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4113321002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 4113321002 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4113321002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 4113321002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4113321002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 4113321002 BAB I.pdf]
Preview
Text
4113321002 BAB I.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[thumbnail of 4113321002 BAB V.pdf]
Preview
Text
4113321002 BAB V.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 4113321002 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4113321002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 4113321002 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
4113321002 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan mind map terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya di kelas VIII Semester II di SMP Swasta Cerdas Murni Tembung T.A 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP Swasta Cerdas Murni Tembung terdiri dari tiga kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas VIII-3 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VIII-2 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 31 dan 32 siswa ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan mind map dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes essay jumlah soal 10 item yang telah divalidkan oleh validator. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 17,70 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 18,28. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 61,74 dan kelas kontrol 49,75. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 4,38 sedangkan ttabel = 1,669. Karena thitung > ttabel (4,38 >1,669) maka Ho ditolak dan Ha diterima, menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok cahaya di kelas VIII semester II SMP Swasta Cerdas Murni Tembung T.A. 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 FIS 004
Keywords: Model Problem Based Learning; Mind Map; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 29 Aug 2016 05:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12345

Actions (login required)

View Item
View Item