Jariyah, Ainun (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP SWASTA CERDAS MURNI TEMBUNG T. A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113321002 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4113321002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4113321002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4113321002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
4113321002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4113321002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4113321002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4113321002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4113321002 BAB I.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
4113321002 BAB V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4113321002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
4113321002 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan mind map terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya di kelas VIII Semester II di SMP Swasta Cerdas Murni Tembung T.A 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP Swasta Cerdas Murni Tembung terdiri dari tiga kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas VIII-3 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VIII-2 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 31 dan 32 siswa ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan mind map dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes essay jumlah soal 10 item yang telah divalidkan oleh validator. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 17,70 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 18,28. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 61,74 dan kelas kontrol 49,75. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 4,38 sedangkan ttabel = 1,669. Karena thitung > ttabel (4,38 >1,669) maka Ho ditolak dan Ha diterima, menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok cahaya di kelas VIII semester II SMP Swasta Cerdas Murni Tembung T.A. 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 004 |
Keywords: | Model Problem Based Learning; Mind Map; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 05:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12345 |