Yunita, Vera (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 5 MEDAN T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121081 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
4103121081 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4103121081 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4103121081 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103121081 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
4103121081 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4103121081 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4103121081 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4103121081 BAB I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
4103121081 BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4103121081 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada Materi Pokok Hukum Newton di Kelas X Semester I SMA Negeri 5 Medan T.A 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pengambilan populasi dan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil populasi sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X Mia 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang dan kelas X Mia 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Dan instrument yang digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa adalah lembar observasi aktivitas.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 47,75 dengan standar deviasi 12,71 dan nilai rata-rata kelas kontrol 47,37 dengan standar deviasi 12,56. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data pretes berdistribusi normal dan variansnya homogen. Dari hasil uji beda dari kedua kelas thitung = 0,14 dan ttabel = 1,99, karena thitung < ttabel maka Ho diterima, maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan model konvensional. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen 79 dan kelas kontrol 71,25. Pada pengujian variansnya homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas diperoleh thitung = 2,85 dan ttabel = 1,67, karena thitung > ttabel maka Ha diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton kelas X semester I SMA Negeri 5 Medan T.A 2014/2015. Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh observer diperoleh bahwa nilai rata-rata aktivitas siswa dari tiga kali pertemuan adalah sebesar 89,63% dengan kategori cukup aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.607 12 Yun p |
Keywords: | model pembelajaran berbasis masalah; hasil belajar; aktivitas siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12328 |