Hasibuan, Hotmaidah (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DAN MIND MAPPING PADA SUB MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI IPA MAN SIBUHUAN KABUPATEN PADANG LAWAS TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111141010 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4111141010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
4111141010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4111141010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
4111141010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4111141010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4111141010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4111141010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4111141010 BAB I.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
4111141010 BAB V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4111141010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan metode role playing dan mind mapping pada sub materi pokok sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA MAN Sibuhuan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA2 menggunakan metode role playing dan kelas XI IPA3 menggunakan metode mind mapping, masing-masing kelas berjumlah 32 siswa. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan metode role playing ( ) = 81,72 dengan nilai standar deviasi (SD) = 11,04 lebih baik dari rata-rata hasil belajar siswa menggunakan metode mind mapping ( ) = 75,31 dengan nilai standar deviasi (SD) = 12,11. Hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (2,21 > 1,99) sehingga dalam penelitian ini hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode role playing dan mind mapping pada sub materi pokok sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA MAN Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 018 |
Keywords: | hasil belajar; role playing; mind mapping |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12324 |