Sihole, Rinaldo RH (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SEMESTER II PADA MATERI POKOK TEORI KINETIK GAS SMA NEGERI 5 MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4112121013 COVER.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4112121013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4112121013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
4112121013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4112121013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4112121013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4112121013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4112121013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4112121013 BAB I.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
4112121013 BAB V.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
4112121013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok teori kinetik gas Kelas XI Semester II SMA Negeri 5 Medan T.P. 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 orang dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu: 1) Tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator dan 2) Lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda, setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Data penelitian menunjukkan, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 30,97 dan nilai rata-rata kelas kontrol 31,25, hasil uji t diperoleh thitung = - 0,092 dan ttabel = 1,99 karena thitung < ttabel maka kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama. Setelah diberi perlakuan yang berbeda diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 72,42 dan kelas kontrol 58,90. Hasil uji t diperoleh thitung = 3,71 dan ttabel = 1,66 karena thitung > ttabel maka Ha diterima yang berati hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 074 |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah; Hasil Belajar |
Subjects: | Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC770 Nuclear and particle physics. Atomic energy. Radioactivity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12320 |