Panggabean, Rani Deliana (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK OPTIKA GEOMETRIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 5 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113121051 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4113121051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4113121051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4113121051 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
4113121051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4113121051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4113121051 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4113121051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4113121051 BAB I.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
4113121051 BAB V.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4113121051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem basedlearning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok optika geometris dikelasX semester II SMA Negeri 5 Medan T.P 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan twogroup pretest-postest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswakelas X SMA Negeri 5 Medan T.P 2014/2015 yang terdiri dari 5 kelas.Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling terpilih 2kelas yaitu kelas X Mia 5 terdiri dari 41 siswa sebagai kelas eksperimen denganmodel problem based learning dan kelas X Mia 3 terdiri dari 41 siswa sebagaikelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakanadalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal denganlima option yang telah divalidasi oleh para ahli dan aktivitas siswa denganmenggunakan lembar observasi.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 36,83dengan simpangan baku 10,94 dan nilai rata-rata kelas kontrol 35,24 dengansimpangan baku 10,49. Ini menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelasadalah sama. Setelah diberikan perlakuan pada masing-masing kelas diperolehpostes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 76,34 dengan simpangan baku 8,22dan kelas kontrol 72,56 dengan simpangan baku 10,44. Kedua kelompokberdistribusi normal dan varians kedua kelas homogen. Hasil observasi yangdiperoleh dari kelas eksperimen menunjukkan bahwa rata-rata aktivitaspertemuan I 79,50 kategori cukup aktif, pertemuan II 82,24 kategori aktif,pertemuan III 84,34 dengan kategori aktif, dengan keseluruhan rata-rata aktivitas82,04 dalam kategori aktif. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji tdengan taraf signifikansi α = 0,05. Uji t postes diperoleh thitung (1,83) > ttabel(1,67), oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak. Akhirnya dapat disimpulkanterdapat pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar danaktivitas belajar siswa pada materi pokok Optika Geometris di kelas X semester IISMA Negeri 5 Medan T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 063 |
Keywords: | Model Problem Based Learning; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC801 Geophysics. Cosmic physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12316 |