Lubis, Nur Mahrani (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK PADA MATERI ARITMRTIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 27 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113311035 COVER.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4113311035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4113311035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4113311035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4113311035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4113311035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
4113311035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
4113311035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4113311035 BAB I.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4113311035 BAB V.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4113311035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui strategi untuk meningkatkan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi Kelompok dalam meningkatkan kemapuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 27 Medan pada materi Aritmetika Sosial, (2) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa kelas VII-8 SMP Negeri 27 Medan ketika diterapkan pembelajaran Investigasi Kelompok, (3) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII-8 SMP Negeri 27 Medan pada materi Aritmetika Sosial setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi Kelompok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII-8 SMP Negeri 27 Medan yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian adalah upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui penerapan model pembelajaran Investigasi Kelompok pada materi Aritmetika Sosial dikelas VII-8 SMP Negeri 27 Medan Tahun Pelajaran 2014/2015.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Hasil dari PTK ini mertupakan tindakan. Sebelum melakukan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes diagnostic dan setiap siklus akhir diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Pada pembelajaran tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematika sudah termasuk criteria sedang, yaitu nilai rata-rata 68,25 dan 18 siswa (60%) dari 30 siswa telah mencapai criteria kemampuan pemecahan masalah, sedangkan 12 siswa lainnya (40%) belum mencapai criteria kemampuan pemecahan masalah. Pada siklus I ini, kemampuan pemecahan masalh siswa secara klasikal belum tercapi karena masih 60% siswa yang mencapai kemampuan pemecahan masalah â
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 052 |
Keywords: | pemecahan masalah matematika siswa; investigasi kelompok; aritmetika sosial; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12304 |