Fairuz, Tariza (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI 5 BINJAI T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113121066 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4113121066 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4113121066 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4113121066 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4113121066 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4113121066 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4113121066 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4113121066 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4113121066 BAB I.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4113121066 BAB V.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4113121066 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training dengan menggunakan media animasi terhadap keterampilan proses siswa pada materi alat optik di kelas X semester genap SMA Negeri 5 Binjai T.P 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretest and postest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 5 Binjai yang terdiri dari 4 kelas. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling dan terpilih kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang dan kelas X MIA-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui keterampilan proses siswa adalah tes keterampilan proses dalam bentuk esai sebanyak 10 soal.Berdasarkan analisa data, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 51,37 dan kelas kontrol 51,11. Kedua kelas berdistribusi normal, homogen, dan memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dengan media animasi dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen 74,14 dan kelas kontrol 68,80. Hasil uji t diperoleh thitung = 2,053 dan ttabel = 1,997 sehingga thitung > ttabel maka Ho ditolak, yang berarti ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training dengan menggunakan media animasi terhadap keterampilan proses siswa pada materi alat-alat optik di kelas X semester genap SMA Negeri 5 Binjai T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 044 |
Keywords: | inquiry training; media animasi; keterampilan proses |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12303 |