Ginting, Yuni Andriani Ginting (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DAN JIGSAW PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI SMA NEGERI 1 DELITUA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113131083 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4113131083 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4113131083 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4113131083 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
4113131083 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4113131083 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4113131083 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4113131083 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4113131083 BAB I.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
4113131083 BAB V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4113131083 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan kooperatif tipe Jigsaw menggunakan microsoft powerpoint pada pokok bahasan Hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Delitua yang terdiri dari 8 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas dengan teknik random sampling (acak) dan masing–masing kelas terdiri atas 40 siswa. Pada kelas eksperimen I diberi pengajaran dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan microsoft powerpoint dan pada kelas eksperimen II diberikan pengajaran dengan model Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan microsoft powerpoint. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas ekperimen I memiliki rata – rata nilai post-tes 73,50 + 8,56. Sedangkan siswa pada kelas eksperimen II memiliki rata – rata nilai post-tes 80,50 + 8,54. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dari data hasil belajar dan diperoleh thitung = -2,587 sedangkan ttabel = -2,0252 untuk α = 0,05 dan db = 58, sehingga thitung<ttabel. Maka Ha terima, yakni ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menerapkan model Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) (pada kelas eksperimen I) dengan model kooperatif tipe Jigsaw (kelas eksperimen II). Secara signifikan, yang tertinggi adalah pada pembelajaran dengan model kooperatif tipe Jigsaw dengan menggunakan media microsoft powerpoint.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 024 |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Jigsaw; Hidrokarbon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12301 |