Purba, Tiodor (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI POKOK SUHU KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 4 MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113321040 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4113321040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
4113321040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
4113321040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4113321040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4113321040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
4113321040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4113321040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
4113321040 BAB I.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
4113321040 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4113321040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif pada materi pokok suhu, kalor, dan perpindahan kalor di kelas X semester I SMA Negeri 4 Medan T.P. 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan yang terdiri dari 11 kelas MIA. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIA-3 dengan pembelajaran model Problem Based Learning dan kelas X MIA-9 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif dalam bentuk essai sebanyak 8 soal. Instrumen dinyatakan valid oleh tiga orang ahli dan hasil validitas ramalan.Analisa data menunjukkan nilai rata-rata pretes hasil belajar kelas eksperimen 20,66 dan kelas kontrol 19,73. Sementara nilai rata-rata pretes keterampilan berpikir kreatif kelas eksperimen 58,24 dan kelas kontrol 57,42. Hasil analisis data pre-test menggunakan uji Wilcoxon hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif kedua sampel diperoleh bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah dilakukan perlakuan diperoleh nilai rata-rata hasil belajar postes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 62,44 dan 35,11. Sementara nilai rata-rata keterampilan berpikir kreatif postes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 79,73 dan 72,33. Hasil analisis data post-test hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif menggunakan uji wilcoxon diperoleh bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar dan keterampulan berpikir kreatif pada materi pokok suhu, kalor dan perpindahan kalor di kelas X semester I SMA Negeri 4 Medan T.P. 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 048 |
Keywords: | Problem Based Learning; Hasil Belajar; Keterampilan Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12295 |