Ginting, Ade Katra Brebina Br. (2015) PENGARUH JENIS MODEL PEMBELAJARAN DAN BAHAN AJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM KELAS XI DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4112131001 COVER.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4112131001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
4112131001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
4112131001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4112131001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4112131001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4112131001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4112131001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4112131001 BAB I.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4112131001 BAB V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4112131001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4112131001 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis model pembelajaran, bahan ajar dan interaksi antara jenis model pembelajaran dan bahan ajar terhadap hasil belajar kimia siswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Katolik 1 Kabanjahe yakni sebanyak 7 kelas. Sampel diambil dengan dua tahap yaitu: sampel kelas diambil 4 kelas secara teknik sampling sederhana yaitu dengan undian, selanjutnya sampel siswa diambil secara purposif 15 orang siswa dari setiap kelas yang relatif homogen statusnya. Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial 2 x 2. Ada dua faktor yang diujicobakan yaitu faktor A : Jenis Model Pembelajaran dan terdiri dari 2 taraf yaitu A1 = model pembelajaran Jigsaw dan A2 = model pembelajaran TAI , faktor B : Bahan Ajar yang terdiri dari 2 taraf yaitu B1 = handout dan B2 = LKS. Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh bahwa Fhitung (A) dan (B) > Ftabel artinya ada pengaruh jenis model pembelajaran dan bahan ajar terhadap hasil belajar kimia siswa di SMA dan Fhitung (AB) > Ftabel atau 19,28 > 4,00, artinya ada interaksi antara jenis model pembelajaran dan bahan ajar terhadap hasil belajar kimia siswa di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran TAI dengan menggunakan bahan ajar LKS memberikan rataan hasil belajar siswa yang tertinggi yaitu 8,6 ± 0,98. Sebaliknya, penerapan model pembelajaran TAI dengan menggunakan bahan ajar handout memberikan rataan hasil belajar siswa yang paling rendah yaitu 6,7 ± 0,62. Selanjutnya diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran jigsaw yang dikombinasikan dengan bahan ajar LKS memberikan rataan hasil belajar kimia siswa yang lebih tinggi yaitu sebesar 8,4 ± 1,28 dan memberikan rataan lebih rendah dengan menggunakan Handout yaitu sebesar 8,3 ± 0,94. Pada uji pengaruh sederhana siswa yang akan diberi bahan ajar LKS sebaiknya menggunakan jenis model pembelajaran TAI sedangkan siswa yang akan diberi bahan ajar Handout dapat diajarkan dengan menggunakan jenis model pembelajaran Jigsaw ataupun TAI karena secara statistik tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil kedua model pembelajaran tersebut pada bahan ajar Handout.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 007 |
Keywords: | bahan ajar; hasil belajar; hidrolisis garam dan model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 01:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12294 |