Situmorang, Rika Vera M. (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 4 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113321033 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4113321033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
4113321033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4113321033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4113321033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4113321033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4113321033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4113321033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4113321033 BAB I.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
4113321033 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4113321033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X Semester II SMA Negeri 4 Medan T.P. 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan yang terdiri dari 11 kelas MIA. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X-7 dengan jumlah siswa 38 orang, menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri dan kelas X-3 dengan jumlah siswa 35 orang, mengggunakan Model Pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : untuk tes hasil belajar berupa tes pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang sebelumnya telah diuji validitasnya oleh ahli, dan untuk observasi aktivitas belajar siswa, sudah disusun secara sistematis di lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes untuk kelas eksperimen 29,08 dan kelas kontrol 27,86. Kemudian setelah diberi perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes untuk kelas eksperimen 55,26 dan kelas kontrol 48,14. Untuk data aktivitas disajikan dalam bentuk persentase aktivitas secara individu dan secara klasikal yaitu rata-rata persentase perhitungan aktivitas belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri tergolong sangat baik untuk setiap aspek penilaian, dan rata-rata persentase perhitungan aktivitas belajar siswa kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional untuk aspek visual, listening, motor, dan mental tergolong tidak baik, dan untuk aspek oral dan emotional tergolong cukup baik, serta aspek writing tergolong baik. Persentase pengaruh peningkatan hasil belajar siswa diperoleh peningkatan sebesar 14,79%, hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X Semester II SMA Negeri 4 Medan T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 052 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri; Konvensional; Hasil Belajar; Aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 01:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12292 |