Nainggolan, Rano Karno (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR DI KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113321031 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4113321031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4113321031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4113321031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4113321031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4113321031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4113321031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4113321031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4113321031 BAB I.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4113321031 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4113321031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu Kalor dan Perpindahan Kalor di kelas X semester II SMA Negeri 5 Medan T.P 2014/2015 serta melihat aktivitas siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas, dimana kelas X MIA 4 dengan jumlah siswa 41 orang sebagai kelas eksperimen diajar dengan Model pembelajaran Inquiry sedangkan kelas X MIA 2 dengan jumlah siswa 43 orang sebagai kelas kontrol diajar dengan pembelajaran Konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : untuk tes hasil belajar berupa essai test yang berjumlah 8 soal yang sebelumnya telah diuji validitasnya oleh ahli, dan instrumen yang digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa adalah lembar observasi.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes untuk kelas eksperimen 36,66 dan kelas control 33,72. Kemudian setelah diberikan perlakuan berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes untuk kelas eksperimen 56,46 dan kelas kontrol 52,54. Untuk data aktivitas disajikan dalam bentuk persentase aktivitas secara individu dan secara klasikal yaitu untuk kelas eksperimen memiliki rata-rata aktivitas sebesar 77,39 sedangkan kelas kontrol sebesar 55,19. Persentase pengaruh peningkatan hasil belajar siswa diperoleh peningkatan sebesar 7,5%, hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu Kalor dan Perpindahan Kalor di Kelas X Semester II SMA Negeri 5 Medan T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 050 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inquiry; Konvensional; Hasil Belajar; Aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 01:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12291 |