Darmayanti, Wulan (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN WORD SQUARE PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI KELAS XI SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111141022 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4111141022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
4111141022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4111141022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4111141022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4111141022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4111141022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4111141022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4111141022 BAB I.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
4111141022 BAB V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4111141022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran make a match dengan word square pada materi sistem pencernaan di kelas XI SMA Negeri 1 Hamparan Perak T.P. 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 1 Hamaparan Perak yang terdiri dari 3 kelas. Sedangkan sampel penelitian di ambil secara Random Sampling (acak) yang terdiri dari 2 kelas dimana kelas XI IPA1 dijadikan sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dan kelas XI IPA2 dijadikan sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Word Square, dengan masing-masing jumlah siswa tiap kelas adalah 35 orang. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa baik data hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 (Make A Match) dan kelas eksperimen 2 (Word Square) dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Dari analisis data diperoleh, nilai rata-rata postest siswa pada kelas eksperimen 1 (Make A Match) adalah sebesar 75,35, sedangkan nilai rata-rata pretes pada kelas eksperimen 2 (Word Square) adalah sebesar 78,45. Berdasarkan nilai tersebut dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa di kelas XI IPA 2 yang diberi perlakuan Word Square lebih tinggi dibandingkan dengan kelas XI IPA 1 yang diberi perlakuan Make A Match. Kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana (thitung = 8,61 > ttabel = 1,67), yang berarti H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat dinyatakan bahwa adanya perbedaan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Make A Match dengan Word Square Pada Materi Sistem Pencernaan di Kelas XI SMA Negeri 1 Hamparan Perak T.P 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 009 |
Keywords: | Hasil belajar; Make A Match; Word Square |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 09:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12286 |