Paramita, Dwi (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA MOVIE MAKER DAN LKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DI KELAS X SMA SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113131019 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4113131019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4113131019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4113131019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4113131019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4113131019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4113131019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
4113131019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4113131019 BAB I.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4113131019 BAB V.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
4113131019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
ABSTRAKParamita M. Simamora. NIM. 1113111057. “Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 101883 Pasar XIII Tanjung Morawa�. Sikripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan, 2015. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran generatif di kelas V. Penelitian dilaksanakan di SDN 101883 desa Limau Manis, Pasar XIII, kec. Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Penelitian direncanakan pada bulan Februari hingga bulan April. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB dengan jumlah siswa 33 orang dan objeknya adalah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model generatif. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus 1 dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi 1 akan dijadikan acuan pelaksanaan siklus 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi motivasi belajar siswa dan kegiatan guru.Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data sebagai berikut. Dari 33 orang siswa pada siklus 1 pertemuan I nilai rata-rata kelas adalah 59,2 dengan 10 orang siswa termotivasi (30,30%) dan 23 orang siswa tidak termotivasi (69,70%) dan siklus 1 pertemuan II nilai rata-rata kelas adalah 64,5 dengan 11 siswa yang termotivasi (33,33%) dan 22 orang yang tidak termotivasi (66,67%). Karena hasil yang dicapai masih jauh dari harapan, maka dilakukan perbaikan dan dilanjutkan ke siklus 2 dengan hasil sebagai berikut. Dari 33 orang siswa pada siklus 2 pertemuan I nilai rata-rata kelas adalah 83,5 dengan 31 orang siswa termotivasi (93,93%) dan 2 orang tidak termotivasi (6,07%) dan siklus 2 pertemuan II nilai rata-rata kelas adalah 90,6 dengan 33 orang siswa termotivasi (100%) dan 0 orang siswa yang tidak termotivasi (0%).Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran generatif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD N 101883 Pasar XIII Tanjung Morawa TA.2014/2015. Oleh karena itu disarankan supaya guru menggunakan model generatif dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 004 |
Keywords: | Problem Based Learning; Media Movie Maker dan LKS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12276 |