PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA TELADAN MEDAN T.P. 2014/2015

Sihotang, Yenni Farida (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA TELADAN MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4113121075 COVER.pdf]
Preview
Text
4113121075 COVER.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 4113121075 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4113121075 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 4113121075 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4113121075 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 4113121075 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4113121075 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 4113121075 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4113121075 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 4113121075 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4113121075 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 4113121075 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4113121075 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 4113121075 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4113121075 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 4113121075 BAB I.pdf]
Preview
Text
4113121075 BAB I.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[thumbnail of 4113121075 BAB V.pdf]
Preview
Text
4113121075 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 4113121075 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4113121075 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran inquiry training pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Swasta Teladan Medan Tahun Pelajaran 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Teladan Medan yang terdiri dari 3 kelas paralel. Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 36 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa pada model pembelajaran inquiry training. Uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 31,39 dan kelas kontrol adalah 31,25 kemudian setelah dilakukan perlakuan yang berbeda yaitu model pembelajaran inquiry training pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 72,92 dan kelas kontrol 64,86. Hasil observasi siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training adalah 72,88% tergolong kategori aktif. Dari hasil uji t diperoleh thitung 3,32 sedangkan ttabel dengan α = 0,05 dan dk = 70 adalah 1,668 sehingga thitung > ttabel maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Swasta Teladan Medan T.P 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 FIS 013
Keywords: Model pembelajaran; inquiry training; hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 25 Aug 2016 03:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12269

Actions (login required)

View Item
View Item