PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X IPA SEMESTER II SMA NEGERI 4 MEDAN T.P. 2014/2015

Hutabarat, Andryani (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X IPA SEMESTER II SMA NEGERI 4 MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4112121002 COVER.pdf]
Preview
Text
4112121002 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 4112121002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4112121002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 4112121002 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4112121002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 4112121002 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4112121002 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 4112121002 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4112121002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 4112121002 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4112121002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 4112121002 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4112121002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 4112121002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4112121002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 4112121002 BAB I.pdf]
Preview
Text
4112121002 BAB I.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of 4112121002 BAB V.pdf]
Preview
Text
4112121002 BAB V.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 4112121002 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4112121002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di kelas X IPA SMA Negeri 4 Medan T.P. 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 4 Medan T.P 2014/2015 yang terdiri dari 11 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-IPA 11 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 orang dan kelas X-IPA 10 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 37 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk essay test dengan jumlah 8 soal. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 37,45 dengan standar deviasi 11,81 dan nilai rata-rata kelas kontrol 37,27 dengan standar deviasi 9,24. Pada pengujian normalitas untuk pretes pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,1193 dan Ltabel = 0,1591, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,0826 dan Ltabel = 0,1457 , karena Lhitung lebih kecil dibanding Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,63 dan Ftabel = 1,78 karena Fhitung lebih kecil dibanding Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 0,071 dan ttabel = 1,998 , karena thitung lebih kecil dibanding ttabel maka Ho diterima, maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 69,97 dengan standar deviasi 18,48 dan kelas kontrol 64,92 dengan standar deviasi 10,65. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung = 1,73 dan ttabel = 1,67. Karena thitung lebih besar dibanding ttabel maka Ha diterima, dengan kata lain terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X IPA Semester 2 SMA Negeri 4 Medan T.P. 2014/2015. Sesuai dengan daftar distribusi t, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini diakui sebesar 27,94%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 FIS 011
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah; Hasil Belajar; Aktifitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 25 Aug 2016 03:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12263

Actions (login required)

View Item
View Item