Napitupulu, Ribka Septiani (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MENGGUNAKAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI SMA NEGERI 1 SILAHISABUNGAN DAIRI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4112131013 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4112131013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
4112131013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
4112131013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4112131013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4112131013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4112131013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4112131013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4112131013 BAB I.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
4112131013 BAB V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4112131013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
4112131013 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan menggunakan LKS terhadap hasil belajar kimia siswa Kelas X SMA Negeri 1 Silahisabungan lebih baik daripada hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional dengan menggunakan LKS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Silahisabungan yang terdiri dari 3 Kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil dengan cara purposif sehingga diperoleh kelas eksperimen dengan Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan menggunakan LKS dan kelas kontrol dengan Pembelajaran Konvensional dengan menggunakan LKS. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes sebanyak 20 soal yang sebelumnya telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Nilai rata-rata hasil belajar dan gain untuk siswa kelas eksperimen sebesar 79,83 dan 0,705 dan nilai rata-rata hasil belajar dan gain untuk siswa kelas kontrol sebesar 75,17 dan 0,626. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh harga thitung sebesar 2,362 serta nilai ttabel sebesar 1,6723 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 58, sehingga pada uji hipotesis diperoleh thitung>ttabel. Dan persentase peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 70,50% dan 62,60%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw menggunakan LKS lebih baik daripada hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan Pembelajaran Konvensional dengan menggunakan LKS pada pokok bahasan Hidrokarbon di kelas X SMA Negeri 1 Silahisabungan Dairi T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 009 |
Keywords: | Gain; Hidrokarbon; Jigsaw; kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12262 |