Sinaga, Theresia Wira Wardani (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 3 MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113121070 COVER.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4113121070 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4113121070 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
NIM 4113121070 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4113121070 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4113121070 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4113121070 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4113121070 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4113121070 BAB I.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
4113121070 BAB V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4113121070 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
NIM 4113121070 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di Kelas X Semester II SMA Negeri 3 Medan T.P. 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Medan yang terdiri dari 14 kelas. Sampel penelitian ini diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIA 10 menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan X MIA 12 dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 yaitu tes hasil belajar dalam bentuk uraian sebanyak 10 soal dan telah di validasi isi oleh beberapa pakar dan lembar observasi aktifitas belajar. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t (uji beda) menggunakan taraf signifikansi 0,05 sebelumnya terlebih dahulu menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.Data yang diperoleh antara lain hasil pretes, postes dan aktivitas belajar siswa. Rata-rata nilai pretes siswa pada kelas eksperimen 23,60 dan kelas kontrol 22,78 sedangkan rata-rata nilai postes siswa pada kelas eksperimen 63,15 dan kelas kontrol 56,97. Berdasarkan analisis, diperoleh bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi Suhu dan Kalor di Kelas X Semester II SMA Negeri 3 Medan T.P. 2014/2015; (2) Aktivitas siswa pada model Problem Based Learning (PBL) mempengaruhi hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 033 |
Keywords: | Problem Based Learning; Hasil Belajar; Aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12260 |