Pratiwi, Nining (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERHADA HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKANAN DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 TANJUNG SARI MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101121020 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
4101121020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
4101121020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4101121020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4101121020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4101121020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4101121020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4101121020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4101121020 BAB I.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
4101121020 BAB V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4101121020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan terhadap hasil belajar siswa pada materi tekanan di kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Tanjung Sari Medan T.P. 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-postest desaign. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Tanjung Sari Medan yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 96 siswa. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas VIII A yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran penemuan dan kelas VIII B yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 tes hasil belajar dan lembar observasi aktifitas siswa , yaitu dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 option sebanyak 20 soal dan untuk pengelolahan data dilakukan dengan uji hipotesis yaitu uji t.Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 44,53 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 45,16. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen sebesar 77,66, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata postes 73,44. Dan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada pertemuan I diperoleh rata-rata 50,83, pada pertemuan II dengan rata-rata 59,40 dan pada pertemuan III dengan rata-rata 65,20. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 1,965 > 1,6697 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 62. Hal ini berarti Ha diterima yakni ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran penemuan terhadap hasil belajar siswa pada materi tekanan di kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Tanjung Sari Medan T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.107 12 Pra p |
Keywords: | Pembelajaran Penemuan; Hasil belajar; Aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12249 |