Akmal, Maulidatul (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN BANTUAN MEDIA ANIMASI KOMPUTER DAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111131016 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
4111131016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4111131016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4111131016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
4111131016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4111131016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4111131016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
4111131016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4111131016 BAB I.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4111131016 BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4111131016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan bantuan media animasi komputer dan LKS terhadap hasil belajar (kognitif, afektif dan psikomotor) kimia siswa pada materi sistem koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas reguler XI IPA MA Negeri 2 Model Medan yang terdiri dari 6 kelas dengan total jumlah siswa ± 270 siswa. Sampel kelas yang digunakan hanya 1 kelas yaitu kelas XI IPA 3 dengan teknik random sampling (acak) terdiri atas 45 siswa. Sedangkan penentuan sampel siswa menggunakan teknik purpossive sampling, sehingga sampel terdiri dari 30 siswa yang dipilih berdasarkan nilai rentang pretest 17-52. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil kognitif adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 23 soal yang sudah valid. Kelas eksperimen diberi pengajaran dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan bantuan media animasi komputer dan LKS. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kognitif siswa pada kelas ekperimen memiliki rata-rata nilai pretest 37,0 + 8,5 dan post-tes 87,0 + 7,5 dengan rata-rata gain sebesar 0,81. Kemampuan afektif siswa memiliki rata-rata 81,0 + 4,7. Kemampuan psikomotor siswa memiliki rata-rata 86,0 + 6,8. Hasil uji statistik menggunakan uji t satu pihak diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 4,38 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,699 pada taraf signifikan α = 0,05, sehingga thitung>ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan data hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan bantuan media animasi komputer dan LKS memiliki nilai rata-rata lebih besar dari nilai standart KKM pada materi sistem koloid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 013 |
Keywords: | Problem Based Learning; Animasi Komputer; LKS; Hasil Belajar Kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 02:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12243 |