Aslamiyah, Dina (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 BINJAI T. P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113131015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4113131015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4113131015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4113131015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4113131015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4113131015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4113131015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4113131015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4113131015 BAB I.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4113131015 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4113131015 BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui model Problem Based Learning (PBL) dengan media Animasi lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional dengan media Animasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Binjai yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 dari 3 kelas yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 23 soal yang sudah valid dengan nilai reliabelitas sebesar 0,903. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model PBL dengan media animasi dan kelas kontrol diberi perlakuan secara konvensional dengan media animasi. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 45,07 dan post-test sebesar 90,58 dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 84%. Sedangkan nilai rata-rata pre-test untuk kelas kontrol sebesar 48,98 dan post-test sebesar 78,26 dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 58%. Data hasil kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pihak kanan diperoleh thitung = 12,87 dan ttabel = 1,671, sehingga thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui model Problem Based Learning (PBL) dengan media Animasi secara signifikan lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional dengan media Animasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 012 |
Keywords: | hasil belajar siswa; model Problem Based Learning (PBL); media animasi; sistem koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 05:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12234 |