Sitindaon, Roby Saputra Harapan (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIK DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 5 MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113321035 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
4113321035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4113321035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4113321035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
4113321035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4113321035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4113321035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4113321035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4113321035 BAB I.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4113321035 BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4113321035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4113321035 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapaan model Problem Based Learning berbantu Mind Map terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok fluida dinamik di kelas XI SMA Negeri 5 Medan T.P 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI-MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 orang dan kelas XI-MIA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 orang. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 14,96 dengan simpangan baku 6,68 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 16,07 dengan simpangan baku 5,47. Berdasarkan uji Wilcoxon nilai kedua kelas pada taraf signifikan α= 0,05 diperoleh Jhitung = 135 dan Jtabel = 89, karena Jhitung > Jtabel maka Ho diterima, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning berbantu Mind Map dan kelas kontrol dengan model konvensional. Setelah perlakuan, diberi postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 45,93 dan kelas kontrol 29,30. Rata-rata aktivitas di kelas eksperimen sebesar 71,28 termasuk dalam kategori cukup aktif. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon diperoleh Jhitung = 16 dan Jtabel = 107, karena Jhitung < Jtabel maka Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning berbantu Mind Map terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok fluida dinamik di kelas XI semester II SMA Negeri 5 Medan T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 019 |
Keywords: | Model Problem Based Learning; Hasil Belajar; Aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 01:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12232 |