PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIK DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 5 MEDAN T.P. 2014/2015

Sitindaon, Roby Saputra Harapan (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIK DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 5 MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4113321035 COVER.pdf]
Preview
Text
4113321035 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 4113321035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4113321035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 4113321035 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4113321035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 4113321035 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4113321035 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of 4113321035 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4113321035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 4113321035 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4113321035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 4113321035 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4113321035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 4113321035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4113321035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 4113321035 BAB I.pdf]
Preview
Text
4113321035 BAB I.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 4113321035 BAB V.pdf]
Preview
Text
4113321035 BAB V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 4113321035 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4113321035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 4113321035 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
4113321035 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapaan model Problem Based Learning berbantu Mind Map terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok fluida dinamik di kelas XI SMA Negeri 5 Medan T.P 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI-MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 orang dan kelas XI-MIA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 orang. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 14,96 dengan simpangan baku 6,68 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 16,07 dengan simpangan baku 5,47. Berdasarkan uji Wilcoxon nilai kedua kelas pada taraf signifikan α= 0,05 diperoleh Jhitung = 135 dan Jtabel = 89, karena Jhitung > Jtabel maka Ho diterima, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning berbantu Mind Map dan kelas kontrol dengan model konvensional. Setelah perlakuan, diberi postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 45,93 dan kelas kontrol 29,30. Rata-rata aktivitas di kelas eksperimen sebesar 71,28 termasuk dalam kategori cukup aktif. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon diperoleh Jhitung = 16 dan Jtabel = 107, karena Jhitung < Jtabel maka Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning berbantu Mind Map terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok fluida dinamik di kelas XI semester II SMA Negeri 5 Medan T.P 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 FIS 019
Keywords: Model Problem Based Learning; Hasil Belajar; Aktivitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 25 Aug 2016 01:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12232

Actions (login required)

View Item
View Item