Amalia, Poppy (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR STATISTIKA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN TPS PADA SISWA KELAS X SMK TI AR-RAHMAN MEDAN T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111111015 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4111111015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
4111111015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4111111015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
4111111015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4111111015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
4111111015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
4111111015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4111111015 BAB I.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
4111111015 BAB V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4111111015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa hasil belajar statistika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada TPS pada siswa kelas X SMK TI Ar-Rahman Medan T.A 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMK TI Ar-Rahman yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 210 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X Mesin-1 sebagai kelas eksperimen A yang berjumlah 30 orang dan kelas X Mesin-3 sebagai kelas eksperimen B yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang telah divalidasi dalam bentuk uraian dengan jumlah 5 soal. Dari hasil penelitian yang diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen A dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas eksperimen B dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen A 38,36667 dengan standar deviasi 11,6899112 dan nilai rata-rata postes kelas eksperimen B adalah 26 dengan standar deviasi 9,14125265. Hasil uji t pihak kanan dengan dk = 61 dan � = 0,05, diperoleh thitung = 3,32447 dan ttabel = 1,67078 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar statistika antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada TPS pada siswa kelas X SMK TI Ar-Rahman Medan T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 017 |
Keywords: | Perbedaan Hasil Belajar; Kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 09:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12225 |