Wulandari, Ade (2015) PERBEDAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENET DIVISION (STAD) PADA MATERI POKOK SISTEM INDERA DI KELAS XI IPA SMA PANCA BUDI MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113341001 COVER.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4113341001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4113341001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4113341001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4113341001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
4113341001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
4113341001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
4113341001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
4113341001 BAB I.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4113341001 BAB V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4113341001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Inquiry dan model Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi pokok sistem indera di kelas XI SMA Panca Budi Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI Panca Budi Medan yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara puprposive sampling dengan mengambil dua kelas yaitu kelas XI MS-B sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI MS-A sebagai kelas eksperimen II. Sampel penelitian kelas eksperimen I sebanyak 27 siswa dan kelas ekperimen II sebanyak 20 siswa. Instrumen penelitian berupa tes pilihan berganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Kelas eksperimen I diberi perlakuan dengan menggunakan model inquiry dan kelas eksperimen II diberi perlakuan dengan menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD). Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata postest pada kelas inquiry (X1) sebesar 80,93 dengan satandar deviasi 13,91, dan nilai rata-rata postest pada kelas STAD (X2) sebesar 71,80 dengan standar deviasi 15,12. Adanya perbedaan hasil belajar siswa pada materi pokok sistem indera menggunakan model inquiry dan student teams achievement division (STAD) terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α 0,05 dimana thitung > ttabel (2,184> 2,015) yang berarti dalam penelitian ini Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model inquiry dan student teams achievement division (STAD) pada materi pokok sistem indera di kelas XI IPA SMA Panca Budi Medan T.P. 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 002 |
Keywords: | Hasil Belajar, Inquiry, Student Teams Achievement Division |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 09:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12224 |