PERBEDAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENET DIVISION (STAD) PADA MATERI POKOK SISTEM INDERA DI KELAS XI IPA SMA PANCA BUDI MEDAN T.P. 2014/2015

Wulandari, Ade (2015) PERBEDAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENET DIVISION (STAD) PADA MATERI POKOK SISTEM INDERA DI KELAS XI IPA SMA PANCA BUDI MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4113341001 COVER.pdf]
Preview
Text
4113341001 COVER.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 4113341001  LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4113341001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 4113341001 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4113341001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 4113341001 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4113341001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 4113341001 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4113341001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[thumbnail of 4113341001 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4113341001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 4113341001 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4113341001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 4113341001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4113341001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 4113341001 BAB I.pdf]
Preview
Text
4113341001 BAB I.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 4113341001 BAB V.pdf]
Preview
Text
4113341001 BAB V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 4113341001 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4113341001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Inquiry dan model Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi pokok sistem indera di kelas XI SMA Panca Budi Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI Panca Budi Medan yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara puprposive sampling dengan mengambil dua kelas yaitu kelas XI MS-B sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI MS-A sebagai kelas eksperimen II. Sampel penelitian kelas eksperimen I sebanyak 27 siswa dan kelas ekperimen II sebanyak 20 siswa. Instrumen penelitian berupa tes pilihan berganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Kelas eksperimen I diberi perlakuan dengan menggunakan model inquiry dan kelas eksperimen II diberi perlakuan dengan menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD). Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata postest pada kelas inquiry (X1) sebesar 80,93 dengan satandar deviasi 13,91, dan nilai rata-rata postest pada kelas STAD (X2) sebesar 71,80 dengan standar deviasi 15,12. Adanya perbedaan hasil belajar siswa pada materi pokok sistem indera menggunakan model inquiry dan student teams achievement division (STAD) terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α 0,05 dimana thitung > ttabel (2,184> 2,015) yang berarti dalam penelitian ini Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model inquiry dan student teams achievement division (STAD) pada materi pokok sistem indera di kelas XI IPA SMA Panca Budi Medan T.P. 2014/2015

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 BIO 002
Keywords: Hasil Belajar, Inquiry, Student Teams Achievement Division
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 24 Aug 2016 09:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12224

Actions (login required)

View Item
View Item