Harahap, Adelina Sari (2015) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DAN STUDENT-TEAM-ACHIEVEMENT-DIVISION DI KELAS VII SMP AL-HIDAYAH MEDAN T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111003 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4103111003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4103111003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4103111003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4103111003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4103111003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103111003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103111003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4103111003 BAB I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
4103111003 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4103111003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
4103111003 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen I semu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dan Student-Teams-Achievement-Divisions pada pokok bahasan perbandingan di kelas VII SMP Al-Hidayah Medan T.A. 2014/2015.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas MTs Al Washliyah Prapat Janji Tahun Ajaran 2014/2015 dan sampel penelitian adalah kelas VIII yang terdiri dari 2 kelas. kelas VII-B sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dan Kelas VII-A sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran kooperatif Student-Teams-Achievement-Divisions, dimana kedua kelas ini yang dijadikan sampel dalam penelitian. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yaitu untuk melihat hasil belajar siswa. Sebelum tes ini ditetapkan sebagai alat pengumpul data, terlebih dahulu diujicobakan kepada siswa diluar kelas sampel untuk melihat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal.Dari analisa data didapat nilai rata-rata hasil pretest kelas eksperimen I diperoleh L0 (0,1374) < Ltabel (0,1498) dan nilai rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen I sebesar 36,07. Dan dari hasil analisis data pretest kelas eksperimen II diperoleh L0 (0,1357) < Ltabel (0,1498) kelas eksperimen II sebesar 31,96 . Sehingga disimpulkan data pretest kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data pre-test tidak terdapat perbedaan kedua varians atau kedua sampel homogen, dimana Fhitung < Ftabel (1,233 < 1,776). Nilai rata-rata hasil postest kelas eksperimen I sebesar 78,39 dan nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen II sebesar 70,35. Dari hasil analisis data post-test kelas eksperimen I diperoleh L0 (0,0754) < Ltabel (0,1498), dan data post-test kelas eksperimen II diperoleh L0 (0,14031) < Ltabel (0,1498). Sehingga disimpulkan data post-test kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data post-test kedua sampel homogen, dimana Fhitung < Ftabel (1,472 <1,776). Setelah dilakukan uji hipotesis dengan kriteria dari perhitungan diperoleh harga thitung tidak berada dalam interval tersebut, maka H0 ditolak dan Ha diterima Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel bagi siswa kelas VII di SMP Al-Hidayah T.A. 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Har p |
Keywords: | komunikasi matematis; pembelajaran kooperatif; Think Pair Share; ; Student Teams Achievement Divisions; pertidaksamaan linier satu variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 09:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12217 |