Sihotang, Boy Army Oktario (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT9 NUMBERED HEADS TOGEHTER) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BALAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN ALJABAR KELAS VIII SMP YPAK PTP III SEI KARANG GALANG TP 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111015 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4103111015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4103111015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4103111015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4103111015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4103111015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103111015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4103111015 BAB I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
4103111015 BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103111015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
4103111015 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa meningkat dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together pada materi aljabar di kelas VIII SMP YPAK PTPN III Sei Karang T.A 2014/2015. Jenis penellitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 44 siswa kelas VIII-C SMP YPAK PTPN III Sei Karang dan objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan tes.Pada pemberian tindakan siklus I diperoleh bahwa kateogri proses pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi aljabar termasuk baik. Hal ini dilihat dari rata-rata hasil pengamatan sebesar 2,55 dan pada siklus II diperoleh rata-rata hasil pengamatan 2,85.Dari tindakan I, melalui pemberian tes hasil belajar I diperoleh 31 siswa (70,45%) dari 44 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 65). Sedangkan 14 siswa (29,55%) lainnya belum tuntas. Setelah tindakan II, melalui pemberian tes hasil belajar II diperoleh 38 siswa (86,36%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 6 siswa (13,64%) lainnya belum tuntas. dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 86,36%. Berdasarkan criteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi.Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan bahwa hasil belaajr siswa meningkat dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together pada materi aljabar di kelas VIII SMP YPAK PTPN III Sei Karang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.260 71 |
Keywords: | Hasil Belajar;Pembelajaran Matematika;NHT |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12188 |