Butarbutar, Lita Yustina (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP SWASTA ANGKASA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103311028 COVER.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
4103311028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4103311028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4103311028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4103311028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4103311028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4103311028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
4103311028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4103311028 BAB I.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4103311028 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103311028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
4103311028 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi Bilangan Bulat di Kelas VII SMP Swasta Angkasa Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan pada siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Swasta Angkasa Medan yang berjumlah 27 orang. Objek penelitin ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran model Think-Pair-Share untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aktivitas pencapaian waktu ideal aktivitas aktif siswa pada siklus I dan siklus II. Tes hasil kemampuan pemecahan masalah matematika yang berbentuk uraian yaitu tes awal sebanyak 4 soal. Tes hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siklus I sebanyak 4 soal dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa siklus II terdiri dari 4 soal. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh data Kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menggunakan model TPS pada siklus I dari 27 siswa terdapat 3 siswa atau 10% yang memiliki kemampuan tinggi, 10 siswa atau 40% memiliki kemampuan sedang, 2 siswa atau 6,66% memiliki kemampuan rendah dan 12 siswa atau 43,33% memiliki kemampuan sangat rendah. Pada siklus II dari 27 siswa terdapat 2 siswa atau 6,66% yang memiliki kemampuan sangat tinggi, 22 siswa atau 80%yang memiliki kemampuan tinggi dan 3 siswa atau 13,33% yang memiliki kemampuan rendah. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah tuntas belajar, karena terdapat 85% siswa yang memiliki tingkat ketuntansan klasikal. Dari hasil analisis siklus I dan siklus II tersebut dapat dilihat bahwa kriteria kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ini telah mencapai target dan mengalami peningkatan dalam mempelajari materi Bilangan Bulat dengan menerapkan model Think-Pair-Share.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa khususnya pada pokok bahasan bilangan bulat di kelas VII SMP Swasta Angkasa Medan dimana peningkatan diperoleh setelah siklus II dilaksanakan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 516.360 712 But p |
| Keywords: | pemecahan masalah matematika; materi ajar bilangan; biangan bulat; operasi bilangan bulat; think pair share; pembelajaran kooperatif |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
| Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
| Last Modified: | 24 Aug 2016 06:44 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12180 |
