Rahman, Ana Fitria (2014) MENUMBUHKAN KEBIASAAN POSITIF SISWA UNTUK TERLIBAT AKTIF DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI PENERAPAN STRATEGI QUANTUM TEACHING DI KELAS XI IPA SMA SWASTA AN-NIZAM MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141006 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
4103141006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
4103141006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4103141006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
4103141006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4103141006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
4103141006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103141006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103141006 BAB I.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4103141006 BAB V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4103141006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan kebiasaan positif siswa untuk
terlibat aktif dalam proses pembelajaran biologi di kelas XI IPA SMA Swasta An-
Nizam T.P. 2013/2014 melalui penerapan Strategi Quantum Teaching.
Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Swasta An-Nizam
Medan yang berjumlah 16 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik
observasi dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan teknik deskriptif.
Parameter yang diamati adalah aktivitas belajar siswa yaitu : (1) mendengarkan
penjelasan guru, (2) mengajukan pendapat / hipotesis, (3) bertanya, (4) merespon
pertanyaan guru, (5) merespon pertanyaan siswa lain, (6) mencari informasi lewat
membaca, (7) mencatat, dengan pembandingnya adalah (8) aktivitas diluar 7
kategori tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus II, 81 % siswa memiliki
rata-rata skor aktivitas belajar (kategori 1-7) lebih tinggi dari aktivitas diluar
aktivitas belajar (kategori 8). Strategi Quantum Teaching dapat menumbuhkan
kebiasaan positif siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran biologi di kelas XI
IPA SMA Swasta An-Nizam Medan T.P. 2013/2014.
Kata Kunci : Kebiasaan Positif, Aktivitas, Quantum Teaching
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.160 712 Rah m |
Keywords: | teori belajar aktif; teori sugestologi; accelerated learning; kecerdasan majamuk; sistem reproduksi manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 06:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12175 |