Purba, David (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN MEDIA POWER POINT DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA PENGAJARAN STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131010 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4103131010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
4103131010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4103131010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4103131010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4103131010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103131010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103131010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4103131010 BAB I.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
4103131010 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4103131010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran kooperatif TPS (Think Pair Share) didukung media power point lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada pengajaran Struktur Atom. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pretest-postest control group design. Pengambilan sampel secara random sampling dengan 2 kelas tiap sekolah. Sampel penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 28 siswa di dua sekolah dan 22 siswa di satu sekolah lainnya. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 25 soal. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan metode kooperatif TPS, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Dengan penerapan metode kooperatif TPS diperoleh peningkatan hasil belajar di SMAN 1 Salak 56%, SMAN 1 Sigalagala 73% dan SMAN 1 Kerajaan 57%. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t pihak kanan dan diperoleh thitung untuk SMAN 1 Salak 3,515, SMAN 1 Sigalagala 3,208 dan SMAN 1 Kerajaan 2,857 sedangkan ttabel = 1,6749 untuk α = 0,05 dan db = 54 dan ttabel = 1,6827 untuk α = 0,05 dan db = 42, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.210 712 Pur p |
Keywords: | Hasil belajar;Media Power Piont;PartikelDasar Atom |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12150 |