Sihotang, Saudurma (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON KELAS X SMA RK DELI MURNI SIBOLANGIT. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101121027 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4101121027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4101121027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4101121027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4101121027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4101121027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4101121027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4101121027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4101121027 BAB I.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
4101121027 BAB V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4101121027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share di kelas eksperimen, 2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung di kelas kontrol, 3) Untuk mengetahui bagaimana sikap siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran koopertaif tipe Think-Pair-Share di kelas eksperimen, 4) Untuk mengetahui bagaimana sikap siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran koopertaif langsung di kelas kontrol, 4) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa akibat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester ganjil SMA RK Deli Murni, terdiri dari delapan kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-MIA A (sebagai kelas eksperimen) berjumlah 37 siswa dan kelas X-MIA B (sebagai kelas kontrol) berjumlah 36 siswa ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 15 item yang telah divalidkan oleh validator.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 36,403 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 36,300. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dan kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen73,695 dan kelas kontrol 66,108.Dari hasil uji t diperoleh thitung = 2,165 sedangkan ttabel = 1,99. Karena thitung> ttabel (2,165>1,99) maka Ho ditolak, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa pada materi pokok hukum newton dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan model pembelajaran langsung di kelas X semester ganjil SMA RK Deli Murni Sibolangit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.607 12 Sih p |
Keywords: | hasil belajar; silabus; pemeblajaran kooperatif; think pair share; pembelaajran langsung; hukum newton |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12085 |