Agustin, Eva (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONENSIONAL PADA MATERI POKOK OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA DI KELAS VII SEMESTER I SMP NEGERI 1 NAMORAMB T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
409121024 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409121024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409121024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409121024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409121024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409121024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409121024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409121024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409121024 BAB I.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
409121024 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409121024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
409121024 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan konvensional pada pada materi pokok objek IPA dan pengamatannya di kelas VII semester I SMP Negeri 1 Namorambe T.P. 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII Semester I SMP Negeri 1 Namorambe yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling terdiri dari 2 kelas, yaitu VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar berbentuk soal pilihan berganda sebanyak 20 soal.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 31 dengan standar deviasi 9,61 dan nilai rata-rata kelas kontrol 30,57 dengan standar deviasi 9,60. Pada pengujian normalitas untuk data pretes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakakan uji Liliefors diperoleh hasil data kedua kelas berdistribusi normal. Uji homogenitas pada kedua kelas menggunakan uji varians, menunjukkan kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah pembelajaran, rata-rata postes pada kelas eksperimen 76,42 dengan standar deviasi 9,03 dan kelas kontrol 73,42 dengan standar deviasi 8,97. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 64,27% termasuk kategori aktif. Berdasrakan hasil uji kesamaan rata-rata pretes dengan menggunakan uji t dua pihak, dapat disimpulkan kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sama. Hasil uji kesamaan rata-rata postes dengan menggunakan uji t dua pihak menerangkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.140 712 Agu p |
Keywords: | model pembelajaran; pembelajaran konvensional; besaran pokok; besaran turunan; pengukuran; analisis taksonomi; satuan baku |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12083 |