PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI KELAS X IPA SEMESTER I MAN LUBUK PAKAM T.P 2014/2015

Sinaga, Khairuzzaman (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI KELAS X IPA SEMESTER I MAN LUBUK PAKAM T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4103121041 COVER.pdf]
Preview
Text
4103121041 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 4103121041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4103121041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 4103121041 KATA PENGHANTAR.pdf]
Preview
Text
4103121041 KATA PENGHANTAR.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 4103121041 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4103121041 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 4103121041 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4103121041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 4103121041 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4103121041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 4103121041 DAFTAR GAM BAR.pdf]
Preview
Text
4103121041 DAFTAR GAM BAR.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 4103121041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4103121041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 4103121041 BAB I.pdf]
Preview
Text
4103121041 BAB I.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[thumbnail of 4103121041 BAB V.pdf]
Preview
Text
4103121041 BAB V.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 4103121041 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4103121041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA Semester I pada materi pokok Pengukuran di MAN LubukPakamT.P 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA Semester I MAN Lubuk Pakam yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 132 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas X-IPA1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan kelas X-IPA2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang merupakan validitas isi dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 40,46, dan nilai rata-rata kelas kontrol 37,64. Pada pengujian normalitas, diperoleh Lhitung <Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung< Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 62,34 dengan kelas kontrol 56,61. Hasil uji t, diperoleh thitung> ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperolehhasil ada pengaruhmodel pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pengukurandi kelas X IPA semester I MAN Lubuk PakamT.P 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 531.140 712 Sin p
Keywords: pembelajaran inquiry training; pembelajaran konvensional; macromedia flash; pengukuran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 30 Aug 2016 05:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12082

Actions (login required)

View Item
View Item