Lumbanbatu, Hunter (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN FISIKA DAN SATUANNYA DI KELAS X SEMESTER I SMA KATOLIK BUDI MURNI 3 MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102121008 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4102121008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4102121008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4102121008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4102121008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4102121008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
4102121008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
4102121008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
4102121008 BAB I.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4102121008 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4102121008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok besaran fisika dan satuannya di Kelas X Semester I SMA Katolik Budi Murni 3 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Katolik Budi Murni 3 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang dan kelas X4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 10 soal. Dan instrumen yang digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa adalah lembar observasi aktivitas.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 4,29 dan nilai rata-rata kelas kontrol 4,03, maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data pretes berdistribusi normal dan variansnya homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan thitung = 0,1459 dan ttabel = 0,1520 ( thitung < ttabel), maka dapat dinyatakan bahwa data berasal dari populasi yang berdistribusi normal.. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen 6,29 dan kelas kontrol 5,64. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data pretes berdistribusi normal dan variansnya homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas diperoleh thitung = 1,714 dan ttabel = 1,668, karena thitung > ttabel maka Ha diterima, artinya ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok besaran fisika dan satuannya di kelas X SMA Katolik Budi Murni 3 Medan. Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh observer diperoleh bahwa nilai rata-rata aktivitas siswa dari tiga kali pertemuan adalah sebesar 66.63 % dengan kategori cukup aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.140 712 Lum p |
Keywords: | hasil belajar; aktivitas belajar; model pembelajaran berbasis masalah; pemeblajaran konvensional; besaran fisika; pengukuran panjang; pengukuran massa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12080 |