Damawiyah, Sinta (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 1 PEGAJAHAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102121025 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4102121025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4102121025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4102121025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4102121025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4102121025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4102121025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4102121025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4102121025 BAB I.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
4102121025 BAB V.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4102121025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan bagaimana aktivitas siswa selama menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada materi pokok Usaha dan Energi di kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Pegajahan Tahun Pelajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan design Two group pretes-postes design dengan populasi seluruh siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Pegajahan yang terdiri dari 6 kelas dengan sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan jumlah siswa 35 orang dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa 35 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 4 pilihan jawaban yang telah divalidasi. Berdasarkan analisa data diperoleh skor rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol yang cenderung sama sedangkan skor rata-rata postes kelas ekspermen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Pada waktu pembelajaran Inkuiri Terbimbing berlangsung dilakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa dimana hasilnya dikategorikan aktif sejalan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil analisa data pada uji normalitas pada kedua kelas terhadap hasil pretes dan postes diketahui bahwa data berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa kedua kelas sampel berasal dari kelompok yang homogen. Untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel pada taraf signifikan α = 0,05; sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Usaha dan Energi di kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Pegajahan T.P 2013/2014. .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.607 12 Dam p |
Keywords: | model pembelajaran; hasil belajar; pembelajaran inkuiri; pembelajaran inkuiri terbimbing; pembelajaran konvensional; energi listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 08:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12066 |