Anita (2015) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA SMP SWASTA TRISAKTI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111007 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4103111007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
4103111007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4103111007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4103111007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4103111007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4103111007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4103111007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4103111007 BAB I.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
4103111007 BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4103111007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
4103111007 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini didasari rendahnya kemampuan siswa memahami konsep dengan tujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi fungsi di kelas VIII SMP Swasta Katolik Trisakti 2 Medan T. A. 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 35 siswa kelas VIII-A SMP Katolik Trisakti 2 Medan dan objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Divisios. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Pada siklus I tes pemahaman konsep yang diberikan berbentuk uraian yang dinyatakan valid dengan rhitung = 0,45153. Dan pada siklus II tes pemahaman konsep dinyatakan valid dengan rhitung = 0,869694.Untuk mengetahui kemampuan memahami konsep siswa maka diberikan tes awal dan diperoleh skor rata-rata siswa 1.96 atau dalam kategori sangat rendah dan hanya 21.85% yang mencapai pemahaman konsep kategori sedang. Setelah diberikan tindakan pada siklus I, maka diberikan Tes Pemahaman Konsep I. Dari hasil tes diperoleh skor rata-rata siswa 2,45 atau dalam kategori rendah serta siswa yang telah memahami konsep ada 19 siswa (54,28%). Karena persentase pencapaian Pemahaman Konsep belum tercapai maka pemberian tindakan dilanjutkan pada siklus II. Setelah diberikan tindakan pada siklus II, maka diperoleh hasil tes dengan skor rata-rata siswa 2,95 atau dalam kategori sedang serta siswa yang telah memahami konsep ada 29 siswa (82,85%). Dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan sebanyak 10 siswa (28,57%) dan skor rata-rata meningkat sebesar 0,5. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa meningkat dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division pada materi fungsi di kelas VIII SMP Swasta Katolik Trisakti 2 Medan T. A. 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.707 1 Ani u |
Keywords: | materi fungsi; relasi; pemahaman konsep; model pembelajaran; pembelajaran kooperatif; STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 05 May 2021 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12030 |