Liani, Ita (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SIBOLANGIT. Undergraduate thesis, UNIMED.
409411021 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
409411021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
409411021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
409411021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
409411021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
409411021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
409411021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
409411021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
409411021 BAB I.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
409411021 BAB V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
409411021 DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
409411021 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk.meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika di kelas VIII SMP Negeri 2 Sibolangit. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan pada siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sibolangit yang berjumlah 25 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Sibolangit dalam pemecahan masalah matematika. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I terdapat 12 orang siswa atau (48%) yang memperoleh katagori kemampuan pemecahan masalah sedang atau mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 65,8 pada silklus II diperoleh 22 orang siswa atau (88%) yang memperoleh dengan rata-rata kelas 84,2 dari data silkus I ke siklus II diperoleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu sebanyak 10 orang siswa (40%) dan nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 17,4. Berdasarkan hasil observasi yang dilalukan guru pada siklus I dapat dikatakan termasuk katagori baik (pertemuan I skor 2,28, pertemuan II skor 2,64) dan hasil observasi siswa dalam melaksanakan pembelajaran termasuk katagori baik (pertemuan I skor 2,14, pertemuan II skor 2,71). pada siklus II, tingkat kemampuan penelitian mengelola pembelajaran termasuk katagori sangat baik(pertemuan I skor 3,35, pertemuan II skor 3,64) dan hasil observasi siswa dalam melaksanakan pembelajaran termasuk katagori sangat baik (pertemuan I skor 3,28, pertemuan II skor 3,57). Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah memenuhi 80% kriteria ketuntasan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP negeri 2 Sibolangit sehingga pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah ini dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Lil p |
Keywords: | pembelajaran berbasis masalah; persamaan linier dua variabel; metode grafik; metode eliminasi; metode subsitusi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12014 |