Sinaga, Sudomo (2015) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIK SISWA KELAS IX SMP NEGERI 18 MEDAN PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111078 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4103111078 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4103111078 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
4103111078 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4103111078 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4103111078 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4103111078 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4103111078 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4103111078 BAB I.pdf - Published Version
Download (612kB) | Preview
4103111078 BAB V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
4103111078 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4103111078 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran (1) Kemampuan representasi matematik siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan Pendekatan Kontekstual lebih baik daripada siswa yang mengikuti Pendekatan Pembelajaran Konvensional, serta (2) Proses jawaban siswa terkait kemampuan representasi matematik yang diajarkan melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dan Konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan populasi seluruh siswa kelas IX SMPN 18 Medan T.A. 2014/2015. Sampel diambil melalui teknik simple random sampling , diperoleh kelas IX-3 sebagai kelompok eksperimen yang diajar dengan pendekatan kontekstual dan kelas IX-5 sebagai kelompok kontrol yang diajar dengan pendekatan konvensional (biasa). Pada akhir pembelajaran kedua kelas sampel diberi tes dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode observasi. Metode tes dilakukan untuk memperoleh data nilai akhir setelah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, data dianalisis dengan uji normalitas, uji kesamaan dua varians, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t satu pihak diperoleh thitung = 5,792 dan dengan signifikansi 0,000. Hal ini menunjukkan 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, artinya kemampuan representasi matematik siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual lebih baik daripada siswa yang mengikuti pendekatatan konvensional. Hasil tersebut menunjukkan pendekatan kontekstual berpengaruh terhadap kemapuan representasi matematik. Berdasarkan kategori penilain proses jawaban, kelompok eksperimen berada pada kategori
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Sin p |
Keywords: | pembelajaran kontekstual; pendekatan konstruktivisme; pembelajaran inquiry; tabung; kerucut; permukaan bola |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12005 |