Mustika, Utari (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BILANGAN PECAHAN KELAS VII-1 SMP SWASTA PAB 18 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103311047 COVER.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
4103311047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
4103311047 KATA PENGANATAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4103311047 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
4103311047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
4103311047 DAFTAR TABGEL.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
4103311047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
4103311047 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
4103311047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
4103311047 BAB I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
4103311047 BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4103311047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4103311047 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII dengan jumlah siswa 28 orang dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Quantum Teaching pada materi bilangan pecahan di kelas VII-1 SMP Swasta PAB 18 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Instrumen penilaian pada penelitian ini adalah angket motivasi belajar siswa, lembar observasi siswa dan guru, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan pembelajaran Quantum Teaching pada materi bilangan pecahan sudah mengalami peningkatan dan kegiatan pembelajarannya efektif. Berdasarkan hasil angket yang telah diberikan untuk melihat motivasi belajar siswa, diperoleh peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 71,78% dan di siklus II diperoleh 85,21%. Selanjutnya, berdasarkan ketuntasan belajar yang dicapai yaitu dari 21 orang siswa (75%) pada siklus I meningkat menjadi 25 orang siswa (89,28%) pada siklus II. Dengan demikian, kelas tersebut telah memenuhi kriteria tingkat ketuntasan klasikal, yaitu terdapat 85% siswa yang mengikuti tes telah mencapai nilai 2.66. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMP Swasta PAB 18 Medan.Berdasarkan hasil analisis data dan observasi kegiatan pembelajaran, penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa..
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.260 712 Mus p |
Keywords: | pengertian motivasi; jenis motivasi belajar; model pembelajaran quantum teaching; bilangan pecahan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 01:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11989 |