Sari, Nur Fitriana (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS VIII SMP AL-HIDAYAH MEDAN T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102111014 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
4102111014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
4102111014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4102111014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
4102111014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4102111014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4102111014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4102111014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4102111014 BAB I.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
4102111014 BAB V.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4102111014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4102111014 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) efektifitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar di kelas VIII SMP Al-Hidayah Medan, dan (2) respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis pendekatan matematika realistik di kelas VIII SMP Al-Hidayah Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al-Hidayah Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas VIII-B dengan jumlah siswa 29 orang . Objek penelitian ini adalah pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes untuk meningkatkan hasil belajar matematika berbasis pendekatan matematika realistik di kelas VIII SMP Al-Hidayah Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development / R&D) dengan menggunakan pengembangan model 4-D (Four D Model) yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang telah dimodifikasi terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar validasi ahli, tes dan angket respon siswa. Teknik analisis data dalam pengembangan perangkat pembelajaran digunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan pendekatan matematika realistik (PMR) terhadap hasil belajar siswa disimpulkan pada: (a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 86,21 % dan (b) ketercapaian indikator berada pada kriteria keefektivan; (2) Respon siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran menggunakan matematika realistik adalah positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 519.507 1 Sar p |
Keywords: | pembelajaran matematika; hasil belajar; matematika realistik; teori piaget; teori belajar ausubel; teori brunner |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 09:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11981 |