Turnip, Helviana (2014) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI SMP NEGERI 2 ADIANKOTING. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.4101111020 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
2.4101111020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
5.4101111020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
4.4101111020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
6.4101111020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
8.4101111020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
7.4101111020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
9.4101111020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
10.4101111020 BAB I.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14..4101111020 BAB V.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
15..4101111020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah tingkat kemampuan penalaran siswa yang diajar dengan pembelajaran matematika realistik lebih baik daripada tingkat kemampuan penalaran siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 2 Adiankoting.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Adiankoting. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP N 2 Adiankoting. Sampel terdiri dari 70 orang yaitu siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran matematika realistik dan siswa kelas VII-B sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Masing-masing kelas berjumlah 35 orang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan instrument berupa tes.Nilai rata-rata hasil pretes pada kelas eksperimen 28 dan nilai rata-rata hasil pretes kelas kontrol 27,14. Nilai postes kelas eksperimen 76 dan nilai rata-rata kelas kontrol 68,8. Kedua data berdistribusi normal dan homogen. Pengujianhipotesis dilakukan dengan uji t, dengan α = 0,05 diperoleh thitung = 21,207 dan ttabel =1,66, dimana thitung > ttabel maka H0 ditolak, sehingga diperoleh tingkat kemampuan penalaran siswa yang diajar dengan pembelajaran matematika realistik lebih baik daripada ketuntasan belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 2 Adiankoting. Dan berdasarkan hasil dari tes penerapan pembelajaran matematika realistik pada materi aritmatika sosial dikategorikan sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.207 1 Tur p |
Keywords: | pembelajaran matematika realistik; aritmatika sosial; harga pembelian; harga penjualan; untung dna rugi; bunga tabungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 09:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11980 |