Sulistiowaty, Runny Tri (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMACAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII-B SMP SWASTA PERSATUAN AMAL BAKTI (PAB) 18 MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103311042 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
4103311042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4103311042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (576kB) | Preview
4103311042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4103311042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4103311042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
4103311042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4103311042 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4103311042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4103311042 BAB I.pdf - Published Version
Download (677kB) | Preview
4103311042 BAB V.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4103311042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
4103311042 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini didasari tentang upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi Bilangan Bulat melalui model Problem Based Learning pada siswa Kelas VII-B SMP Swasta PAB 18 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Swasta PAB 18 Medan yang berjumlah 28 orang. Objek penelitin ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dalam Penelitian ini di kembangkan beberapa perangkat pembelajaran seperti RPP, LAS, dan Instrumen Penelitian. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh informasi bahwa hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menggunakan model PBL pada siklus I diperoleh 18 siswa atau 64,3% dari 28 siswa telah mencapai ketuntasan kemampuan pemecahan masalah siswa, dan 10 siswa lainnya (35,7%) belum tuntas. Dimana dari 28 siswa terdapat 6 siswa atau 21,4% yang memiliki kemampuan katagori B, 11 siswa atau 39,3% memiliki kemampuan katagori B-, 8 siswa atau 28,6% memiliki kemampuan katagori C+, 2 siswa atau 7,1% memiliki kemampuan katagori C, dan 1 siswa atau 3,6% memiliki kemampuan katagori E, dengan nilai rata
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Sul u |
Keywords: | pengertian pembelajaran; problem based learning; pemecahan masalah matematika; bilangan bulat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 09:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11974 |