Ratu, Fitria Sri (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI OPERASI ALJABAR KELAS VIII SMP NEGERI 1 BINJAI T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111033 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103111033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4103111033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4103111033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103111033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4103111033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
4103111033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4103111033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4103111033 BAB I.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
4103111033 BAB V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4103111033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
4103111033 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada materi Operasi Aljabar di kelas VIII SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Binjai yang terdiri dari 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 76 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII-6 yang merupakan kelas eksperimen A sebanyak 38 siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan kelas VIII-8 yang merupakan kelas eksperimen B sebanyak 38 siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Instrumen dalam penelitian ini berupa pre test dan post test yang berbentuk objektif pilihan berganda sebanyak 11 soal dan 15 soal. Sebelum tes diberikan kepada siswa (sampel), terlebih dahulu tes divalidkan oleh 3 orang dosen dan dinyatakan valid. Hasil uji validitas dengan rtabel = 0,312 diperoleh bahwa pada soal pre test terdapat 11 soal valid dan untuk soal post test terdapat 15 soal valid serta hasil uji reliabilitas soal pre test diperoleh sebesar 0,815 sedangkan pada soal post test diperoleh sebesar 0,857. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data pada kelas eksperimen A diperoleh nilai rata-rata pre test 4,83 dan standart deviasi pret test 1,67 sedangkan nilai rata-rata post test 8,28 dan standart deviasi post test 1,49. Pada kelas ekperimen B nilai rata-rata pre test 4,69 dan standart deviasi pre test 1,68 sedangkan nilai rata-rata post test 6,89 dan standart deviasi post test 1,40. Dari analisis data skor post test dengan menggunakan uji-t pada taraf = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,915 > 1,6676 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi Operasi Aljabar di kelas VIII SMP Negeri 1 Binjai T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.943 071 Rat p |
Keywords: | hasil belajar matematika; pembelajaran kooperatif; group investigation; Two Stay Two Stray; operasi aljabar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 08:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11968 |