Gultom, Laura (2015) UPAYA MENINGKATKAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS X IPS SMA SWASTA DHARMAWANGSA MEDAN T. A. 2014 / 2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103311026 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
4103311026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4103311026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
4103311026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4103311026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4103311026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4103311026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4103311026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4103311026 BAB I.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
4103311026 BAB V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4103311026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
4103311026 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran, aktivitas belajar siswa, dan peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas X SMA Swasta Dharmawangsa Medan T.A 2014/2015.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Swasta Dharmawangsa Medan T.A 2014/2015 yaitu kelas X IPS 4 sebanyak 30 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Cara pengambilan data adalah melalui nilai tes kemampuan awal, tes hasil belajar dan observasi. Tes kemampuan awal dan tes hasil belajar berbentuk uraian yang terlebih dahulu sudah divalidasikan oleh pakar pendidikan yaitu dosen-dosen matematika UNIMED dan guru matematika SMA Swasta Dharmawangsa Medan. Setiap siklus dilakukan satu kali tes hasil belajar. Observasi bertujuan untuk melihat strategi pembelajaran dan aktivitas siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Dari analisis data didapat nilai rata-rata tes awal adalah 20,5 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 0%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata tes kemampuan koneksi matematika I adalah 64,67 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 60%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata tes koneksi matematika II adalah 74,5 dan nilai ketuntasan belajar siswa sebesar 83,33%. Berdasarkan hasil observasi pada setiap siklus, strategi pembelajaran dan aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran sudah baik.. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dan kemampuan koneksi matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas X IPS 4 SMA Swasta Dharmawangsa Medan T.A 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Gul u |
Keywords: | pembelajaran matematika; pembelaajran berbasis masalah; model pembelajaran; persamaan linear dua variabel; SPLDV |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11959 |