Lubis, Khairul Sakti (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X MA MUHAMMADIYAH 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102111008 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4102111008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
4102111008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
4102111008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4102111008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4102111008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4102111008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4102111008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4102111008 BAB I.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
4102111008 BAB V.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4102111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4102111008 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi Trigonometri dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas X MA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MA Muhammadiyah 1 Medan, Sumatera Utara pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Muhammadiyah 1 Medan yang berjumlah 29 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran trigonometri di MA Muhammadiyah 1 Medan tahun ajaran 2014/2015. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa pada materi trigonometri saat dilakukan tindakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, dan lembar observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar pada saat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa banyak siswa yang yang tuntas dalam pembelajaran mulai dari tes awal hingga tes hasil belajar II terus mengalami peningkatan yang pada awalnya hanya 2 siswa (6,9%) menjadi 15 siswa (51,72%) hingga 26 siswa (89,66%). Nilai rata-rata siswa meningkat dari Tes awal yang hanya 48,62 menjadi 63,79 (meningkat sebesar 15,17). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pada materi Trigonometri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.240 712 Lub p |
Keywords: | hasil belajar; pembelajaran kooperatif; NHT; trigonometri; sudut dan ukuran; luas daerah segitiga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11956 |